Berdasarkan hal tersebut, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Cha-Ching Money Smart Kids, suatu inisiatif sosial yang di kemas dalam bentuk program edukasi finansial bagi anak. Cha-Ching melalui medium animasi musikal, merupakan inisiatif pertama di Indonesia yang mengajarkan pentingnya pengaturan keuangan bagi anak-anak dengan memperkenalkan empat konsep utama, yaitu: memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate).
Menurut William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, Prudential Indonesia mempunyai komitmen yang besar terhadap pengembangan edukasi di Indonesia, khususnya bagi anak-anak.
Kami melihat ada kebutuhan yang cukup besar bagi anak-anak di Indonesia untuk memahami konsep pengaturan keuangan, karena hampir seluruh dari anak-anak di Indonesia mempunyai uang jajan, namun sebagian besar dari mereka hanya mengerti cara untuk berbelanja (spend). Melalui medium yang menarik bagi anak-anak, empat konsep utama yaitu memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate), kita ajarkan kepada mereka bahwa mereka punya pilihan atas uang yang mereka miliki, papar William.
Menurut survey yang dilakukan oleh Prudential, masih ada ruang bagi anak-anak untuk terus mengembangkan pengetahuannya dalam mengatur keuangan, khususnya untuk lebih mengerti empat konsep utama tersebut.
Mayoritas anak-anak di Indonesia mengetahui untuk mendapatkan uang, mereka harus bekerja (Indonesia: 98 persen; Asia: 93 persen), walaupun 51 persen dari orang tua mengataan anak-anaknya selalu menyisihkan uangnya untuk ditabung, hanya 17 persen dari anak-anak yang menabungkan uang mereka. 73 persen orang tua mengatakan anak-anak mereka selalu meminta uang jika mereka butuh dan 72 persen dari anak-anak mengerti pentingnya untuk membantu sesama melalu donasi; sementara 81 persen diantara anak-anak ini pernah melakukan sumbangan/donasi.